Bocah Lubuk Landai

Sekali-kali Dgile, Boleh donkk !!!!

Terjemah

Mazhab



Mazhab
adalah Hukum yang didapat seseorang dengan idjtihat, dengan kata lain, memperjelas hukum yang ada dalam Alquran dan Hadist.  Para Ulama banyak yang mempunyai Mazhab, namun hanya 4 Mazhab yang banyak digunakan dan dijadikan pedoman pada saat ini, Yaitu :

1. MAZHAB HANAFI
Mazhab Hanafi disusun oleh Imam Abu Hanifah, Beliau lahir pada tahun 80 Hijriah dan meninggal dunia di Baghdad tahun 150 Hijriah. Beliau belajar di Koufah, disanalah beliau menyusun mazhabnya, kemudian duduk dan berfatwa di Baghdad.
Beberapa sahabat beliau yang membantu dalam penyusunan mazhabnya, diantaranya Abu Yusuf, Muhammad Bin Hasan, dan Zulfar. Mazhab ini banyak tersiar di Baghdad, Persia, Buchara, Mesir, Syam, dsbnya.

2. MAZHAB MALIKI
Mazhab Maliki disusun oleh Malik Bin Anas Al Ashbahi, Beliau lahir tahun 93 hijriah dan meninggal dunia pada bulan Safar tahun 170 Hijriah. Beliau belajar dan menulis kitab “Al Muatta” disana, kitab itu adalah kitab Hadist yang terkenal sampai saat ini, beliau menulis kitab itu atas anjuran dari Khalifah Mansyur ketika mereka bertemu waktu Haji.
Mazhab yang beliau susun berdasarkan atas 4 dasar, yaitu: Kitab Suci, Sunnah Rasul, Idjma’ dan Qias.
Beliau mempunyai Sahabat dan Murid yang banyak, diantaranya: Muhammad bin Idris bin Syafi’I, Al Latsi bin Saat, Abu Ishaq Al Farazi. Pengikut mazhab ini banyak terdapat di Tunisia, Tripoli, Maghribi, Mesir.

3. MAZHAB SYAFI’I
Mazhab Syafi’I disusun oleh Muhammad bin Idris bin Syafi’i turunan bangsa Quraisy. Beliau lahir di Chuzzah tahun 150 Hijriah dan meninggal tahun 201 Hijriah di Mesir.

4. MAZHAB HAMBALI
Mazhab Hambali disusun oleh Ahmad bin Muhammad bin Hanbal bin Hilal. Beliau lahir di Baghdad dan meninggal pada hari Jum’at tanggal 12 rabiul Awal tahun 241 hijriah. Beliau belajar di Baghdad, Syam, Hidjaz, dan Yaman. Beliau juga merupakan murid dari Imam Syafi’i.
Beliau menyusun mazhab atas 4 dasar, yaitu: Quran dan Hadist, Fatwa Sahabat, Hadist Mursal (lemah), dan Qias
Mazhab ini mula-mula tersebar di Baghdad, kemudian berangsur-angsur kedaerah lain, sekarang terbanyak pengikutnya di Hidjaz (Arab Saudi)
Beliau juga mempunyai banyak murid, daintaranya yang terkemuka adalah Buchari dan Muslim.


Itulah keringkasan perkembangan hukum Fiqih Islam yang bisa aku Tulis, moga bermanfaat untuk para Sahabat…………


Baca Juga :




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar